Gedung VOC Galangan

Tepat berseberangan dengan Menara Syahbandar (Uitkijk Post), tepatnya di ujung Jalan Kakap, terdapat sebuah bangunan tua yang usianya kini hampir mencapai sekitar 400 tahun. Itulah gedung VOC Galangan.

Nama VOC Galangan dengan mudah terbaca di tembok bangunan yang menghadap ke arah jalan raya. Gedung ini dibangun oleh VOC pada tahun 1628 dimana pada masa itu banyak kapal-kapal yang melakukan bongkar muat di galangan. Usia galangan kapal ini lebih tua dari Museum Bahari. Bahkan ketika galangan kapal beroperasi, lokasi Museum Bahari saat itu masih berupa rawa-rawa.

Saat ini gedung VOC Galangan dimiliki oleh swasta yang membelinya di tahun 1997. Pasca diambil alih oleh swasta, bangunan itu kemudian direnovasi dan kini diubah menjadi kafe atau restaurant dan galeri seni.

Sebelum dijadikan sebagai kafe, dalam perjalanan sejarahnya, gedung ini pernah mengalami kebakaran di tahun 1721. Pada tahun 1746 bangunan ini dijadikan gedung kantor pos pertama di Batavia. Pada tahun 1812 dijadikan galeri yang menghadap ke sungai dan dindingnya diberi batu oleh tukang kayu berkewarganegaraan Cina. Sempat mengalami beberapa kali perpindahan tangan, dari tahun 1980 – 1990 gedung ini dijadikan gudang bahan kimia dan minyak. Hingga akhirnya pada tahun 1998 pemiliknya merestorasi kembali dan menamakan gedung ini dengan “Very Old Cafe (VOC)”.

VOC Galangan

VOC Galangan

VOC Galangan

VOC Galangan