Tuesday, December 11, 2018

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan merupakan salah satu spot yang masuk dalam kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Letaknya berada diantara Jalan Kali Besar Barat dan Jalan Kali Besar Timur, Jakarta Barat.

Dahulunya Kali Besar merupakan kanal yang dibangun oleh VOC guna menghubungkan Benteng Belanda dan Benteng Inggris pada tahun 1628 sehingga waktu itu dinamakan sebagai ”Engelse Brug” yang berarti Jembatan Inggris. Kanalnya sering dilewati oleh kapal-kapal yang mengangkut bahan kebutuhan pokok sehari-hari. Sayangnya setahun kemudian (1629) jembatan ini rusak akibat serangan Kerajaan Mataram ke Benteng Batavia. Jembatan dibangun kembali oleh Belanda dan berganti nama menjadi De Hoenderpasar Brug atau Jembatan Pasar Ayam. Tak lama kemudian jembatan ini berganti nama kembali dengan Jembatan Kota Intan karena letaknya yang berdekatan dengan salah satu Bastion Kastil Batavia bernama Bastion Diamond (Intan).

Jembatan Kota Intan menggunakan semacam pengungkit yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan sisi bawah jembatan dengan menggunakan tenaga manusia. Material jembatan didominasi oleh kayu dan rantai besi dimana panjang jembatan sekitar 30 meter dengan lebar 4,43 meter.

Saat ini kondisi Jembatan Kota Intan sangat memprihatinkan dimana warna merah marun jembatan sudah pudar dan kayu-kayunya pun rapuh dan retak. Yang menyedihkan, di sekitar jembatan terlihat sangat kumuh sehingga kurang nyaman dikunjungi wisatawan.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Previous
« Prev Post

Related Posts

Jembatan Kota Intan
4/ 5
Oleh