Monday, December 10, 2018

Makam Jan Pieterszoon Coen Berada di Museum Wayang Jakarta ?

Sampai saat ini sepertinya tidak ada versi paling valid yang menyebutkan di mana letak jasad salah satu Gubernur Jenderal VOC, Jan Pieterszoon Coen, dimakamkan, meskipun bagian penutup makam (nisan) JP Coen memang berada di Museum Wayang (eks Gereja De Nieuwe Hollandscahe Kerk).

Setidaknya ada 3 (tiga) versi terhadap letak makam JP Coen berada (meninggal di tahun 1629 dalam usia 42 tahun) : Versi pertama berada di Museum Wayang, versi kedua di Museum Prasasti, dan versi ketiga di Belanda (dibawa oleh keluarga JP Coen). Versi tambahan dari Babad Tanah Jawa bahkan menyebutkan bahwa kepala JP Coen dibawa ke Mataram pasca penyerangan ke Batavia di tahun 1929.

Museum Wayang pada awalnya merupakan bangunan gereja yang dibangun oleh VOC : Oude Hollandsche Kerk (1640-1732) dan Nieuwe Hollandsche Kerk (1736-1808). Bangunan ini pernah rusak karena peristiwa gempa bumi di tahun 1808. Selanjutnya di bekas lahan gereja itu kemudian dibangun bangunan yang tampak seperti saat ini dimana fungsinya sebelum menjadi Museum Wayang adalah sebagai gudang milik perusahaan Geo Wehry & Co. Selanjutnya bangunan ini dibeli oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen dengan tujuan untuk memajukan penelitian dan riset di bidang seni dan ilmu pengetahuan. Kemudian pada tahun 1937 bangunan ini dijadikan Museum Batavia Lama (De Oude Bataviasche Museum). Pasca kemerdekaan, bangunan ini dipakai sebagai Museum Djakarta Lama sampai akhirnya pada tahun 1975 dijadikan sebagai Museum Wayang sampai sekarang.

Menurut informasi, lahan pemakaman berada di dalam kompleks bangunan gereja. Salah satu makam yang konon berada di situ adalah makam Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen yang sebelumnya berada di areal Museum Sejarah Jakarta. Kematian gubernur jendral yang satu ini adalah menurut versi orang Belanda karena penyakit kolera.

Sekilas, kompleks pemakaman di Museum Wayang ini memang tidak seperti lazimnya sebuah kompleks pemakaman pada umumnya. Pengunjung tanpa merasa takut melakukan swa foto dengan leluasa karena sudah diubah menjadi sebuah taman yang asri. Namun ketika mencoba menelusuri via google, kita baru tahu bahwa tempat itu merupakan bekas makam. Beberapa nisan menunjukkan nama-nama bekas Gubernur Jendral Hindia Belanda seperti Gubernur Jenderal Willem van Oudhoorn (1704), Gubernur Jenderal Abraham Patras (1737), dan Gubernur Jenderal Gustaff Willem Baron van Imhoff (1750).

JP Coen

Museum Wayang

JP Coen

Jan Pieterszoon Coen

JP Coen

JP Coen

JP Coen

JP Coen

JP Coen

JP Coen


Previous
« Prev Post

Related Posts

Makam Jan Pieterszoon Coen Berada di Museum Wayang Jakarta ?
4/ 5
Oleh