Maia Estianty Ternyata adalah Cicit HOS Tjokroaminoto

Artis tenar Maia Estianty yang baru-baru ini dinikahi Irwan Mussry setelah bercerai dengan musisi Ahmad Dhani ternyata memiliki garis keturunan dengan seorang tokoh pergerakan sekaligus pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto.

Ayah Maia Estianty diketahui adalah seorang arsitek dan pendiri Fakultas Teknik Arsitektur ITS yang bernama Harjono Sigit Bachroen Salam. Lahir di Madiun, Jawa Timur pada tanggal 21 September 1939, nama asli Harjono Sigit Bachroen Salam adalah Harjono saja. Belakangan, nama tambahan ”Sigit Bachroen Salam” adalah nama ayahnya. Dari sini dapat diambil benang merah bahwa ayah Harjono dulunya adalah salah satu pemuda yang sama-sama belajar kepada HOS Tjokroaminoto. Pemuda lain yang waktu itu juga berguru kepada HOS adalah Soekarno. Maka tentulah antara Soekarno dengan Sigit Bachroen Salam sudah sama-sama saling mengenal.    

Pasca prahara perceraian menimpa Soekarno dan Oetari Tjokroaminoto karena faktor ketimpangan usia dan tingkat kedewasaannya yang jauh berbeda, ditambah ”affair” Soekarno dengan Inggit Garnasih yang masih berstatus istri Haji Sanusi pada waktu itu, Oetari kemudian dinikahi oleh Sigit Bachroen Salam, kawan se-kost-an Soekarno waktu sama-sama berguru kepada HOS Tjokroaminoto.

Dari pernikahan Oetari dan Sigit inilah lahir seorang laki-laki bernama Harjono. Dengan demikian, Harjono adalah anak dari Oetari Tjokroaminoto atau cucu dari HOS Tjokroaminoto. Selanjutnya Harjono menikahi seorang perempuan bernama Kusthini. Dari pernikahan ini lahir 6 (enam) orang bersaudara yaitu Hendy Sutanto, Winny Sulistianti, Pingky Evianti, Astri Meriyanti, Maia Estianty, dan Syntia Livianti.

Bagan silsilah Maia Estianty yang garis ke atasnya sampai ke HOS Tjokroaminoto dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dari bagan tersebut dapat disimpulkan bahwa Maia Estianty memang benar adalah cicit dari pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto, atau cucu dari Oetari yang merupakan mantan istri Soekarno.
Maia Estianty