Sunday, April 7, 2019

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi Tanggal 7 April 2019 di Jakarta ; Rapat Politik Terbesar dalam Sejarah Bangsa Indonesia (?)

Dalam konstelasi perjalanan politik bangsa mungkin baru kali ini terjadi rapat politik terbesar dalam sejarah perpolitikan Indonesia, tepatnya saat dilaksanakannya kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024 nomor urut 2 yaitu Prabowo – Sandi.

Sebenarnya dari dulu saya tidak begitu tertarik menghadiri kampanye-kampanye terbuka dari para calon presiden maupun legislatif. Disamping menghabiskan waktu dan energi yang besar, model-model kampanye terbuka seringkali identik dengan perilaku para peserta kampanye yang ugal-ugalan misalnya dengan menyetel knalpot motor agar terdengar menggelegar, ditambah dengan terganggunya arus lalu-lintas karena ketidakpatuhan massa kampanye saat berkendara, plus perilaku-perilaku lain yang tak pantas dilakukan dengan tidak menghargai kepentingan masyarakat umum lainnya.

Namun berbeda dengan yang terjadi pada kampanye akbar Prabowo – Sandi yang coba saya ikuti pada tanggal 7 April 2019 di Stadion GBK (Gelora Bung Karno) Jakarta. Niat utamanya sebenarnya hanya karena ingin mendokumentasikan perilaku para peserta kampanye (human interest photography) yang pastinya akan sangat menarik untuk diabadikan.

Maka berbekal perangkat android yang saat ini saya pakai dan biasa digunakan untuk mengambil foto-foto traveling, mulailah petualangan mengabadikan momen bersejarah itu saya jalani. Xiaomi Mi Max 2 berkapasitas baterai jumbo (5.300 mAh) plus tongsis monopod menjadi “senjata” andalan yang sudah saya persiapkan. Setelah menyempatkan diri mengisi perut dengan memesan ketupat sayur di sebelah Gelael Tebet, meluncurlah saya pagi itu menuju TKP dengan menunggangi Vario milik driver Grab Bike.

Sekitar pukul 06.30 WIB saya tiba di lokasi Stadion GBK (Gelora Bung Karno). Massa peserta kampanye sudah memenuhi stadion karena mereka sudah datang lebih dahulu sejak semalam terutama yang berasal dari luar daerah Jakarta. Rangkaian acaranya sendiri juga sudah dimulai sejak pagi buta yaitu pelaksanaan sholat Subuh berjamaah.

Meskipun terlambat namun saya berhasil masuk ke tengah-tengah lautan massa di tengah stadion dengan beringsut pelan-pelan sampai akhirnya dapat mendekati panggung utama. Meskipun massa di kanan kiri dan depan belakang sangat padat namun alhamdulillah tidak ada kesulitan yang berarti dalam menembus kerumunan massa yang sudah ada di tengah-tengah stadion. Hal ini dipermudah karena lautan massa itu mau memberikan jalan bagi siapa saja yang ingin lewat di depannya. Dan hampir tidak ada kekhawatiran sama sekali bahwa massa akan rusuh atau terjadi dorong-mendorong. Tidak pula ada rasa kecurigaan apabila dompet atau barang berharga yang dibawa akan diincar orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Saya percaya bahwa yang datang pada acara itu adalah saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang memiliki niat baik yang sama.   

Maka meskipun lautan massa berkumpul sampai jumlah yang sulit dihitung (beberapa sumber menyatakan mencapai lebih dari satu juta manusia), tidak ada insiden yang terjadi dalam acara tersebut. Berbagai foto yang berhasil saya abadikan dalam acara tersebut dapat dilihat pada blog saya ini meskipun tentunya masih banyak momen lain yang tidak sempat saya rekam.

Stadion GBK

GBK

Partai Demokrat

PAN

GBK

Prabowo Sandi

Prabowo

GBK

GBK

Prabowo Sandi

PKS

Prabowo

GBK

GBK

Partai Demokrat

GBK

GBK

Prabowo

Prabowo

PKS

Prabowo

Prabowo

PKS

Prabowo

Priyo Budi

Partai Demokrat

Partai Demokrat

PAN

PKS

PKS

GBK

Prabowo

Prabowo

Prabowo

Jokowi

Ojol

GPK

Prabowo

Prabowo

PKS

PAN

Prabowo

PKS

Prabowo

Prabowo

Previous
« Prev Post

Related Posts

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi Tanggal 7 April 2019 di Jakarta ; Rapat Politik Terbesar dalam Sejarah Bangsa Indonesia (?)
4/ 5
Oleh