Taman Sudjana Kassan, Kebun Raya Bogor

Sudjana Kassan adalah seorang warga kenegaraan Indonesia yang pernah menjadi kurator Kebun Raya Bogor pada tahun 1949 sampai dengan 1959 yang kemudian menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor (periode 1959 sampai dengan 1969) menggantikan direktur lama, J. Douglas.

Untuk mengenang jasa almarhum maka pada tanggal 18 Mei 1988 diresmikanlah sebuah taman yang mengambil nama sesuai namanya yaitu Taman Sudjana Kassan. Di taman ini pengunjung selain dapat melihat patung Sudjana Kassan, juga dapat melihat ornamen dan layout taman yang ditata sedemikian rupa sehingga berbentuk lambang negara RI Garuda Pancasila. Untuk mengamatinya secara lebih jelas diperlukan tempat yang agak tinggi sehingga nantinya akan terlihat bagian-bagian burung Garuda mulai dari sayap, kepala, hingga kaki. Taman ini sendiri memiliki lapangan rumput yang cukup luas dan dikelilingi berbagai tumbuhan dan pepohonan. Beberapa langkah dari bagian taman berbentuk lambang burung Garuda, terdapat air mancur kecil, sementara di sebelah timurnya terdapat tangga batu yang ditutupi atap pepohonan rambat.

Kalau Anda memiliki anak kecil yang suka bermain bola di tempat terbuka dan luas, Anda bisa mencoba mengajak si kecil untuk bermain bersama di tempat ini. Mereka pasti akan puas berlarian ke sana ke mari tanpa perlu takut atau khawatir mengganggu kenyamanan orang lain.

Taman Sudjana Kassan

Sudjana Kassan

Sudjana Kassan

Taman Sudjana Kassan

Taman Sudjana Kassan

Sudjana Kassan

Taman Sudjana Kassan

Taman Sudjana Kassan