Mengkonsumsi Kopi bagi Penderita Maag atau Asam Lambung ? - Traveling, Sejarah, Budaya, Tokoh, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis

Sunday, July 21, 2019

Mengkonsumsi Kopi bagi Penderita Maag atau Asam Lambung ?

Sebagaimana kebiasaan almarhum Bapak yang menyukai kopi, saya juga tergolong senang minum kopi meskipun taraf kesenangan tersebut tidak sampai pada level addict atau ketergantungan pada jenis minuman ini.

Saat kecil, saya hanya mengetahui bahwa biji kopi itu hanya satu macam saja. Waktu itu saya belum faham apa itu kopi robusta dan kopi arabica. Yang masih teringat dari masa kecil tentang kopi adalah cara pembuatan kopi bubuk rumahan yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Umumnya proses sederhana ini dilakukan ibu-ibu yang tidak sempat membeli kopi bubuk siap saji atau sengaja tidak ingin membuang begitu saja biji-biji kopi yang dipetik dari kebun sendiri.

Dengan berkembangnya waktu, untuk menikmati secangkir kopi, kita tidak harus menunggu ibu menumbuk biji kopi. Hanya pergi sebentar ke minimarket atau coffee-coffee shop yang bertebaran di hampir setiap sudut kota, kita bisa memilih jenis kopi yang kita sukai. Banyak varian kopi siap seduh yang beredar di pasaran. Namun secara umum terdapat 2 (dua) pilihan jenis bahan dasar kopi yang umumnya tersedia buat para penggemar kopi : (1) Kopi robusta, dan (2) Kopi arabica.

Perbedaan yang mencolok diantara kedua jenis kopi di atas adalah pada tingkat keasamannya dimana kopi jenis arabica memiliki kandungan keasaman yang lebih rendah dibanding robusta. Fakta ini yang baru saya sadari akhir-akhir ini manakala para penggemar kopi yang memiliki penyakit maag atau asam lambung seperti saya sebenarnya harus ekstra hati-hati saat memilih kopi agar tidak membahayakan kesehatan. Sebagaimana diketahui bahwa menurut medis, tingkat keasaman yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan mual dan peradangan pada lambung. Selain itu kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan asam lambung naik sampai kerongkongan seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang dikenal juga dengan sebutan maag.

Maka bagi penderita maag yang sebenarnya tidak disarankan mengkonsumsi kopi harus dapat memilih jenis kopi yang akan dikonsumsi. Disamping itu harus diperhatikan takaran yang tepat. Dengan demikian, bagi penderita maag dan asam lambung yang tidak ingin melewatkan waktu untuk menikmati kopi sebaiknya mengkonsumsi sewajarnya dari jenis arabica dimana kopi jenis ini memiliki kandungan asam yang lebih rendah dibandingkan jenis kopi robusta.

ngopi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda