Mencoba Siliwangi Trans ; Shuttle Travel Jakarta – Cianjur

Karena penasaran dengan keberadaan sebuah kebun raya di daerah Cianjur (sebelumnya hanya tahu Kebun Raya Bogor), mulailah saya mencari tahu bagaimana cara menuju ke arah sana tanpa menggunakan transportasi mobil pribadi.

Sebenarnya terdapat beberapa alternatif moda transportasi menuju Cianjur dari Jakarta. Bagi sejumlah traveler, perjalanan bisa dimulai dengan menggunakan moda transportasi Commuterline Jakarta arah Bogor lalu turun di sana dan sambung lagi dengan angkot L-300 jurusan Bogor – Cianjur. Cara lainnya adalah dengan menaiki bus Jakarta – Cianjur yang bernama PO Marita dari Kampung Rambutan. Atau cara berikutnya yaitu naik dari Cawang UKI menggunakan bus APTB arah Ciawi, setelah itu turun dan naik angkot menuju arah Cianjur via Puncak.

Dari berbagai alternatif di atas, muncul potensi masalah pada setidaknya 2 (dua) hal : (1) ketepatan waktu keberangkatan, dan (2) kenyamanan selama perjalanan. Kedua hal ini tidak bisa ditawar-tawar lagi mengingat bahwa perjalanan yang akan dilakukan membutuhkan waktu yang optimal dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan serta kenyamanan.

Maka ketika sudah ditentukan pada hari libur kerja untuk melakukan perjalanan ke arah Cianjur, dengan berbekal informasi googling internet, saya mulai mencoba mengerucutkan terhadap sejumlah pilihan moda transportasi dan jalur mana yang hendak saya pilih. Namun yang luput dari perhatian saya adalah mencoba mencari alternatif moda transportasi lain selain yang disebutkan di atas. Salah satunya adalah dengan menggunakan shuttle travel. Ya, kenapa tidak ?. Bahkan dari berbagai pilihan di atas, menaiki shuttle travel menjadi pilihan yang terbaik. Meskipun dalam kasus lain tentu saja belum tentu pas jika harus memakai kembali moda transportasi ini.

Dengan mempertimbangkan bahwa perjalanan ini merupakan perjalanan perdana maka pilihan terakhir ini dirasa paling tepat mengingat terpenuhinya 2 (dua) aspek dimaksud : ketepatan dan kenyamanan. Shuttle travel biasanya sudah menetapkan jam-jam keberangkatan yang pasti dibanding angkutan umum lainnya. Begitu juga dengan aspek keamanan dan kenyamanan yang tentunya lebih pasti diwujudkan. Penumpang rata-rata adalah pekerja kantoran atau mahasiswa yang ingin berlibur di tengah jeda waktu kuliah sehingga akan minim terjadi tindakan kriminal atau lainnya. Kursi penumpang juga sudah jelas nomornya tanpa perlu antri atau berdesak-desakan. Begitu juga selama perjalanan, penumpang tidak akan terganggu oleh asap rokok, penjaja dagangan, pengamen, dan lain-lain.

Mencoba Siliwangi Trans

Setelah beberapa kali googling, saya mendapati sebuah website yang menawarkan jasa transportasi shuttle travel jurusan Jakarta – Cianjur, disamping mereka juga menawarkan rute lain seperti Jakarta – Sukabumi.

Pendaftaran atau booking dilakukan secara online dimana prosesnya dapat dilakukan secara mudah (mirip mendaftar tiket pesawat atau kereta api). Setelah memilih jurusan dan tempat duduk, kita akan diberikan tagihan yang pembayarannya harus dilakukan dalam jangka waktu maksimal beberapa jam setelah pemesanan dilakukan. Pilihan pembayaran yang saya ambil waktu itu adalah melalui VA (Virtual Account) ATM Bank Permata.

Oya, untuk wilayah Jakarta, pool Siliwangi Trans berada di Kompleks Plaza Festival Kuningan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta. Ruangan counter ticket berada di dalam gedung tersebut. Caranya masuk dari sisi samping bangunan yang ada kampus Universitas Bakrie. Dari sisi kiri tangga naik, terus masuk dan belok ke lorong, nanti ada sepetak ruangan yang dipakai sebagai counter ticket Siliwangi Trans. Kalau Anda ingin menaiki shuttle yang berangkat pukul 04.00 WIB, mungkin agak kesulitan mencari lokasi persis ruangannya karena kondisi dalam gedung yang listriknya dimatikan. Ruangan counter ticket akan menyala sekitar 30 menit sebelum jadwal keberangkatan pertama tersebut.  

Untuk praktisnya dan demi mendapatkan pelayanan yang diharapkan, Anda dapat menggunakan layanan WA resmi Siliwangi Trans di nomor +62812 1212 3140 dimana di situ juga dapat dilakukan proses pemesanan tiket dengan mengisi data-data yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mencatat nomor booking sebagai tanda pemesanan saat proses check-in di counter Siliwangi Trans. Selamat mencoba !.

Siliwangi Trans
Siliwangi
Siliwangi Trans
Siliwangi Trans
Siliwangi Trans
Siliwangi Trans
Siliwangi Trans