“Terdampar” di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Dalam perjalanan menuju ke suatu lokasi tertentu yang sebelumnya belum pernah dikunjungi bisa jadi akan dijumpai hal-hal di luar prediksi yang tidak direncanakan sebelumnya.

Sama halnya ketika saya bermaksud mengunjungi salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Kota Bandung yaitu Tebing Keraton dalam rangkaian program Bandung Explorer. Alih-alih menemukan lokasi tersebut, saya malah “terdampar” di sebuah perkampungan bernama Desa Cimenyan. Meski demikian, tak ada salahnya jika saya share beberapa foto yang berhasil saya abadikan di lokasi ini. Barangkali ketika Anda ingin mencari sebuah lokasi desa yang berada di perbukitan nan jauh dari hiruk pikuk Kota Bandung, desa ini bisa menjadi referensi yang dapat Anda pilih.

Secara administratif, Desa Cimenyan berada di bawah Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dimana lokasi desa ini tergolong merupakan daerah dataran tinggi karena berada pada ketinggian antara 750 sd 1200 mdpl dengan suhu udara rata-rata berkisar 25 derajat Celcius. 

Mengapa disebut Desa Cimenyan ?. Sepertinya ada benang merah antara keberadaan desa ini dengan sebuah pohon yang bernama pohon menyan yang ada di daerah ini. Konon sebelum menjadi sebuah wilayah pedesaan yang dihuni penduduk, dulunya wilayah ini masih merupakan hutan belantara dan terdapat banyak pohon besar termasuk pohon menyan. Sampai kemudian dinamakanlah desa ini dengan Desa Cimenyan dimana masyarakatnya diharapkan seperti pohon menyan yang memiliki aroma harum, artinya warganya dapat membawa nama harum desa dan selalu dapat menjalin tali persaudaraan antar sesama penghuninya.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati suasana desa yang masih bernuansa alami dengan keramahtamahan penduduknya, cobalah kunjungi desa ini. Setelah puas mengitari sudut-sudut desa, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Tebing Keraton, sebuah objek wisata yang tak jauh dari lokasi desa ini.

Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan
Cimenyan