Mengunjungi Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Untuk sementara, Kota Bandung dengan segala ceritanya yang ada di sana saya tinggalkan dulu (akan disambung pada episode berikutnya). Kali ini kita come back ke Jakarta dan saya akan menuliskan cerita traveling ke Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Mumpung ada acara Employee Gathering pada September 2019 lalu, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan pengalaman baru mengunjungi tempat yang sebelumnya belum pernah didatangi.

Pulau itu adalah Pulau Pari yang merupakan sebuah kelurahan yang terletak pada gugusan pulau yang menyebar dari selatan ke utara wilayah perairan Jakarta. Kelurahan ini secara administratif berada di bawah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dengan menggunakan kapal berjenis speed boat, perjalanan membelah laut dimulai dari Dermaga Nomor 17 Marina Ancol Jakarta menuju Pelabuhan Pulau Pari yang ditempuh selama kurang lebih 1 (satu) jam. Harga tiket kurang begitu tahu berapa nilainya karena ditanggung biayanya oleh kantor namun dipastikan lebih mahal biaya tiket speed boat dibandingkan kapal ferry biasa. Tapi lebih baik membayar lebih guna mendapatkan pelayanan sempurna, termasuk jaminan waktu tempuh yang lebih cepat dan fasilitas penumpang yang lebih bagus.

Dinamakan Pulau Pari karena bentuk pulau ini dilihat dari atas terlihat seperti seekor ikan pari. Pulau seluas 0,95 km persegi ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu Pulau Pari bagian barat dan Pulau Pari bagian timur. Bagian barat merupakan kawasan konsentrasi warga sementara di bagian timur menjadi kawasan wisata pantai. Jumlah penduduknya tidak terlalu banyak, hanya sekitar 3000 jiwa dengan jumlah KK 900-an saja.

Spot menarik yang dapat Anda kunjungi di Pulau Pari antara lain Pantai Kresek, Pantai Bintang dan Pantai Pasir Perawan. Sementara untuk mengelilingi pulau tersebut, Anda dapat menaiki sepeda yang sudah disediakan oleh penduduk lokal. Selain bersepeda, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang, memancing, snorkeling, banana boat, dan lain-lain.

Guna mendapatkan suasana yang menyenangkan, ada baiknya pergi ke sana secara berombongan (open trip) atau menggunakan jasa tour guide sehingga keperluan mulai transportasi kapal, penginapan (homestay), sampai konsumsi makanan dapat dipersiapkan dengan baik.

Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari