[Hoaks] Karakter Hello Kitty Berasal dari Gadis Kanker Mulut dan Arti Hallo Kitty “Iblis” dalam Bahasa Cina - POJOKCERITA : Traveling, Sejarah, Budaya, Tokoh, Peristiwa

Saturday, February 29, 2020

[Hoaks] Karakter Hello Kitty Berasal dari Gadis Kanker Mulut dan Arti Hallo Kitty “Iblis” dalam Bahasa Cina

Dalam situs Turnbackhoax.id yang merupakan web kumpulan arsip hasil diskusi Group FB Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH), termuat artikel terkait kesalahan berita tentang legenda Hello Kitty yang disebut berasal dari seorang gadis penderita kanker mulut, dan disebut juga bahwa arti Hello Kitty dalam bahasa Cina adalah “Hallo Iblis.”

Awalnya ditemukan adanya postingan dari akun FB Mariatu Qibtiyah sebagaimana yang ter-capture di https://perma.cc/RQ9S-XMY6. Dalam postingan tersebut dituliskan bahwa Hello Kitty merupakan karakter kartun yang berasal dari legenda yang diciptakan pada tahun 1970 oleh seorang wanita yang memiliki seorang anak perempuan berusia 14 (empat belas) tahun yang didiagnosa menderita penyakit kanker mulut. Dokter telah memberitahu kepada sang ibu bahwa kondisi anaknya itu tidak mungkin dapat disembuhkan.

Karena sang ibu mengalami depresi mendengar penuturan sang dokter tersebut, ia menempuh jalan yang keliru yaitu dengan melakukan perjanjian dengan iblis guna menyelamatkan hidup putri kesayangannya. Sang iblis menyanggupinya dengan syarat sang ibu harus menciptakan suatu karakter yang dapat menarik perhatian anak-anak di seluruh dunia. Iblis tersebut ingin menggunakan popularitas karakter tersebut untuk menjaring pengikutnya agar masuk dalam ritual pemujaan setan.

Nah, ketika putrinya berhasil disembuhkan oleh sang iblis, si ibu dari anak itu berusaha menepati janjinya dengan membuat karakter Hello Kitty yang digambarkan tidak memiliki mulut untuk mengingatkan bahwa anak gadisnya itu pernah mengidap penyakit kanker mulut.

Di sisi lain, disebut juga dalam artikel tersebut bahwa kata “Kitty” pada “Hello Kitty” berarti “Iblis” dalam bahasa Cina. Jadi Hello Kitty dapat berarti “Hallo Iblis.” Sehingga siapa pun yang membeli dan memainkan Hello Kitty berarti telah terperangkap sebagai pemuja setan.

Bantahan

Berdasarkan penelusuran diperoleh fakta bahwa berita di atas adalah tidak benar alias mengandung hoaks dimana sebuah situs pencari fakta bernama Snopes.com menyatakan bahwa desas-desus tersebut pertama kali beredar melalui email yang dibuat dalam bahasa Spanyol pada tahun 2008. Dalam email tersebut disebutkan bahwa terdapat orang tua dari seorang gadis 12 tahun yang menderita kanker mulut yang membuat perjanjian dengan iblis dan membuat karakter Hello Kitty sebagai ucapan terima kasih karena anak perempuannya telah kembali sehat. Disebutkan juga bahwa Hello Kitty berarti “Hallo Iblis”.

Berita di atas dibantah oleh Snopes.com dimana Hello Kitty bukan dari Cina namun berasal dari Jepang sehingga tidak ditemukan istilah apapun dalam bahasa Cina yang mengartikan “Kitty” sebagai “Iblis”.

Sedangkan tentang kabar perihal kaitan Hello Kitty dengan seorang gadis berpenyakit kanker mulut juga tidak benar karena faktanya bahwa karakter tersebut diciptakan pada tahun 1974 oleh Sanrio, sebuah perusahaan yang berbasis di Jepang.

Kesuksesan karakter Hello Kitty dapat dikaitkan dengan budaya kawaii Jepang yang menyenangi hal-hal yang lucu, menggemaskan, dan menyenangkan. Sedangkan ketiadaan bagian “mulut” pada karakter Hello Kitty memang disengaja oleh penciptanya karena ia “berbicara dari hati.” Dengan demikian lebih mudah bagi orang-orang untuk memproyeksikan Hello Kitty sesuai dengan perasaan masing-masing.


Hello Kitty
Silakan tulis komentar Anda